Bunayatii Shofiyyah

Minggu, 15 November 2009

Doa Menyembelih Hewan Qurban

Pembaca yang budiman , Menyembelih kurban adalah amalan yang sering dilakukan kaum muslimin di Iedhul Adha . Dan disunnahkan bagi orang yang menyembelih untuk melakukannya di mushalla atau Tanah lapang yang digunakan untuk sholat Ied, sebagaimana yang disebutkan di dalam sebuah hadits shahih “Dari Nafi’ dari Ibnu Ubar dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wassalam, bahwasanya beliau melakukan dzabh dan nahr , dzabh adalah menyembelih sapi dan kambing , adapun nahr adalah menyembelih unta , di musholla . (HR Bukhari, an Nasa’i,Ibnu Majah dan Abu Dawud).

Mengenai hal tersebut Imam Asy Syaukani berkata ,bahwa hikmah dilakukannya penyembelihan di mushalla atau lapangan tempat sholat Ied, adalah supaya orang-orang fakir dapat melihatnya sehingga mereka dapat mengambil daging sembelihan tersebut.

Nah pembaca , itulah tempat yang disunahkan bagi seorang yang berkurban untuk menyembeih hewan yang di qurbankanya .
Kemudian pembaca , terkait dengan rubrik kita kali ini maka pembahasan kita akan beralih pada Doa disaat menyembelih hewan Qurban itu sendiri .

Yang dalam hal ini , Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam telah mengucapkan beberapa doa ketika menyembelih hewan tersebut , sebagaimana yang disebutkan dalam riwayat yang shahih diantaranya hadits yang diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam telah memerintahkan untuk didatangkan kepadanya seekor kibas atau domba yang hitam, Maka didatangkanlah kibas tersebut agar beliau menyembelihnya. Lalu beliau berkata kepada Aisyah : “Ya Aisyah, bawalah kemari sebuah pisau.” Maka Aisyahpun melakukannya. Kemudian Rasulullah mengambil pisau tersebut dan mengambil kibas serta menggulingkannya lalu beliau sembelih dengan mengucapkan :

باِسْمِ اللهِ ، اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ مُحَمَّدٍ وَ آلِ مُحَمَّدٍ وَ مِنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ
“Bismillah, Allahumma taqobbal min muhammadin, wa aali muhammadin, wa min ummati muhammadin.”

Baik kita ulang sekali lagi ,

“Bismillah, Allahumma taqobbal min muhammadin, wa aali muhammadin, wa min ummati muhammadin.”


yang artinya , Dengan nama Allah, ya Allah terimalah (kurban) dari Muhammad dan keluarga Muhammad serta dari ummat Muhammad.” (HR Ahmad, Muslim, Abu Dawud).

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam berkurban dengan dua kibas yang berwarna putih campur hitam dan bertanduk, kemudian Anas mengatakan : “Aku melihatnya menyembelih keduanya dengan tangannya, dan aku melihat beliau meletakkan kakinya di atas kedua pipi kibas sambil mengucapkan ,

basmalah yakni Bismillah, dan bertakbir yakni Allahu akbar,”

Artinya : Dengan Nama Allah, Allah Maha Besar . (Hadist Riwayat Muslim).

Demikianlah pembaca , kurang lebihnya ada dua riwayat yang mengabarkan perihal bacaan atau doa ketika hendak menyembelih hewan Qurban , diantaranya ,
Terdapat dalam hadist riwayat ahmad ,
“Bismillah, Allahumma taqobbal min muhammadin, wa aali muhammadin, wa min ummati muhammadin.”

Baik Kita ulangi ,

“Bismillah, Allahumma taqobbal min muhammadin, wa aali muhammadin, wa min ummati muhammadin.”


Dan doa yang lebih singkat dari itu ,
“Bismillah, wallahu akbar”.

Mudah mudahan bermanfaat , Wallahu’alam , wasalam .

Label:

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]



<< Beranda