Bunayatii Shofiyyah

Minggu, 01 November 2009

Doa Berlindung dari Azab Kubur

Pembaca Yang budiman ,
Alhamdulillah saat ini kita kembali dapat berjumpa dalam rubrik bimbingan dzikir dan doa .
adapun doa kita kali ini adalah ,
Doa mohon perlindungan dari adzab atau siksa kubur .
Pembaca , Sungguh banyak perkara yang tidak dapat disaksikan oleh mata kasar di dalam alam dunia ini tetapi kita yakini akan wujudnya . Dan bukan saja tentang kewujudannya lebih dari itu atau apa yang dirasakan oleh ruhani juga dapat dirasakan oleh jasmani. Di antara contoh perkara tersebut ialah :

Beberapa orang yang tidur nyenyak di atas satu hamparan. Di antara mereka ada yang bermimpi indah. Ketika bangun jasadnya turut merasakan nikmat yang dirasakan oleh rohnya ketika dalam mimpi. Demikian sebaliknya , orang yang bermimpi buruk dan mengerikan. Bukan saja rohnya tersiksa tetapi badan juga terasa tersiksa. Mereka yang tidur berhamparan , masing-masing tidak mengetahui apa yang dirasakan oleh rekannya. Jika perkara seperti ini tidak dapat kita ingkari hakikat kewujudannya maka demikianlah dengan alam barzakh , bahkan kejadian di alam barzakh akan lebih hebat lagi.

Maka Berdasarkan contoh tersebut nyatalah bahwa azab dan nikmat kubur bukanlah suatu yang mustahil terjadi. Bagi mereka yang mempunyai keimanan yang mantap , ilmu pengetahuan agama yang mencukupi , yakin akan kodrat atau kuasa Allah yang tiada tandingannya pasti yakin akan adanya siksa dan nikmat kubur .

Nah Pembaca , itulah Alasan pentingnya kita mengimani akan adanya adzab kubur sebagai bagian dari Aqidah kita ,
Lebih dari itu Para ulama kitapun banyak yang menyebutkan tangga-tangga kehidupan Akhirat adalah berawal saat orang memasuki alam kubur. Ketika ruh seseorang di cabut dari jasadnya dan jenazahnya di masukkan ke dalam liang lahat, ketika itulah ia telah memasuki tahap pertama alam kehidupan akhirat.Dan,ketika itupulalah di mulai pemberian balasan amal kebaikan dan pemberian hukuman atas dosa dan maksiat yang di lakukan sewaktu hidup.

Dan adalah Rasul Sholallohu'alaihi Wassalam teladan kita , telah mengajarkan sebuah doa kepada para sahabatnya agar mereka dan juga kepada kita umatnya saat ini agar terlindung dari 4 perkara yang diantaranya siksa kubur ,
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ’anhu ia berkata: Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam bersabda: “Bila kalian membaca tasyahud terakhir maka hendaknya berlindung kepada Allah ta’aala dari empat perkara,

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ
عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ
شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ

Artinya ,
"Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari (1) adzab jahannam dan (2) azab kubur dan (3) fitnah kehidupan serta kematian dan dari (4) jahatnya fitnah Al-Masih Ad-Dajjal" (HR Muslim 923)

Baik kita ulangi

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ
عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ
شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ



Demikianlah Doa kita kali ini sebuah Doa yang dicontohkan oleh Rasulullah Sholallohu'alaihi Wassalam dan hendaknya dibaca dalam sholat, setelah kita selesai membaca tahiyat akhir sebelum salam . waalhu’alam .Wasalam .,

Label:

5 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda